VISI dan MISI
VISI :
Terwujudnya sumber daya manusia “SMART” (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh) dalam menghadapi tantangan global
MISI :
1. Menumbuhkan dan menguatkan Pendidikan karakter
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan industri
3. Mengembangkan jiwa wirausaha dan kemandirian dalam Masyarakat
4. Menguatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
5. Menerapkan penguasaan IPTEK dalam pemebelajaran
TUJUAN :
1. Mewujudkan sumber daya manusia yang SMART (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh)
2. Mewujudkan sumber daya manusia yang Kompeten dibidangnya
3. Mewujudkan sumber daya manusia dalam Meningkatkan kegiatan kewirausahaan
4. Mewujudkan sumber daya manusia yang Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan
5. Mewujudkan sumber daya manusia yang Memanfaatkan berbagai platform teknologi pembelajaran
CORE VALUE :
SMART ( (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh)
INDIKATOR KETERCAPAIAN VISI DAN MISI
SEKOLAH MENENGAH NEGERI 9 BANDUNG 2024-2028
VISI :Terwujudnya sumber daya manusia “SMART” (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh) dalam menghadapi tantangan global
NO MISI TUJUAN KEGIATAN INDIKATOR KETERCAPAIAN TAHUN
2024 2025 2026 2027 2028
Menumbuhkan dan menguatkan Pendidikan karakter Mewujudkan sumber daya manusia yang SMART (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh) Pembiasaan mengaji/membaca A-Qur’an dan Asmaul Husna bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap awal pembelajaran
Melaksanakan kegiatan PANJI (salapan mengaji) bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap bulan dan Tabliq Akbar menjelang bulan Ramadhan
Melaksanakan sholat berjamaah setiap hari dan hari jumat serta keputrian bagi siswa muslim dan renungan kerohanian bagi siswa non siswa
Melaksanakan Kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan Terwujudnya siswa yang berakhlak, berkarakter dan berbudi pekerti luhur (berupa adanya daftar hadir ) :
kegiatan PANJI,
keputrian,
Tabliq Akbar,
Pesantren Kilat,
kuesioner / angket dan hasil kepuasan pelanggan,
serta dokumen kegiatan)
75%
80% 85% 90% 100%
Pembiasaan positif melalui pelaksanaan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) Terwujudnya budaya 5 S, sehingga tercipta toleransi dan sekolah anti perundungan berupa :
kuesioner / angket kepuasan pelanggan,
bukti dokumen pembiasaan 5 S, dan
hasil kepuasaan pelanggan 75% 80% 85% 90% 100%
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa seperti : Project Based Learning, Problem Based Learning, Inkuiri, dan Discovery Learning
Kolaborasi lintas mata pelajaran dan kompetensi keahlian
Pengembangan kreatifitas siswa melalui berbagai perlombaan seperti : LKS tingkat nasional, O2SN, lomba-lomba di dalam dan di luar sekolah
Pembiasaan menciptakan lingkungan bersih melalui kegiatan piket kelas, dan jumat bersih (jumsih) dan pemilahan sampah Meningkatnya kreatifitas dan prestasi siswa baik akademik di dalam dan di luar sekolah dibuktikan
dengan :
kualitas hasil evaluasi pembelajaran meningkat
Adanya dokumen kolaborasi mata Pelajaran/P5
Adanya piala / piagam penghargaan / medali/sertifikat, siswa berprestasi
Dokumen kegiatan, lingkungan sekolah yang bersih,
Adanya tempat, pemilahan sampah sesuai jenisnya, serta pengolahan sampah organik di lingkungan sekolah
75% 80% 85% 90% 100%
Melaksanakan aktualisasi kepramukaan
Pengembangan diri siswa melalui kegiatan ektrakurikuler Terwujudnya siswa yang aktif, pro aktif dan komunikatif dengan adanya bukti daftar hadir dan nilai keikutsertaan siswa dalam pengembangan diri melalui kegiatan OSIS, Kepramukaan, ekstrakurikuler dan dokumen kegiatan lainya 75% 80% 85% 90% 100%
Melaksanakan LDKS (Latihan dasar kepemimpinan siswa)
Pelaksanaan senam kesegaran jasmani setiap hari jumat
Pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional Terwujudnya pribadi siswa yang Tangguh, gigih / ulet dan optimis dengan berupa dokumen :
keikutsertaan dalam kegiatan LDKS,
Upacara,
Senam,
foto-foto pendukung kegiatan, siswa sehat secara fisik/ jasmani dan rohani 75% 80% 85% 90% 100%
Meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan industry Mewujudkan sumber daya manusia yang Kompeten dibidangnya
Meningkatkan kegiatan kewirausahaan Mewujudkan sumber daya manusia yang Memiliki jiwa wirausaha dan kemandirian dalam Masyarakat Melakukan tahapan penyelengaraan tefa (identifikasi produk, analisis cakupan kompetensi, perencanaan produksi, analisis sumber daya)
Proses produksi tefa berlangsung sesuai perencanaan disetiap program keahlian
Melakukan kolaborasi mata pelajaran PKK dengan Konsentrasi keahlian: reseller produk
Melakukan benchmarking sesuai dengan jenis usaha/produk/jasa
Melakukan mentor pada siswa SPW yang dilakukan secara kontinue dan terjadwal
Gelar karya hasil inovasi produk/jasa (pameran/ jualan)
Kolaborasi produk / jasa dengan pihak industri
Pengembangan pemasaran dengan pemanfaatan digital promosi/market place Adanya dokumen perencanaan pembelajaran berbasis Teaching factory
Adanya dokumen pelaksanaan tefa disetiap jurusan di adm BLUD
Jumlah siswa SPW semakin meningkat dan terbimbing
Meningkatnya jumlah produk/ jasa inovasi yang benilai jual, hasil eksplorasi cipta karya siswa
Adanya Produk tefa hasil kolaborasi dengan industri untuk semua program keahlian
Produk tefa dapat diterima oleh masyarakat luas
20%
20%
20%
20%
20%
20% 40%
40%
40%
40%
40%
40%
60%
60%
60%
60%
60%
60% 80%
80%
80%
80%
80%
80% 100%
100%
100%
100%
100%
100%
Menguatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Mewujudkan sumber daya manusia yang Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan
Pembiasaan mengaji/membaca A-Qur’an dan Asmaul Husna bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap awal pembelajaran
Melaksanakan kegiatan PANJI (salapan mengaji) bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap bulan dan Tabliq Akbar menjelang bulan Ramadhan
Melaksanakan sholat berjamaah setiap hari dan hari jumat serta keputrian bagi siswa muslim dan renungan kerohanian bagi siswa non siswa
Melaksanakan Kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan Terwujudnya siswa yang berakhlak, berkarakter dan berbudi pekerti luhur (berupa adanya daftar hadir ) :
kegiatan PANJI,
keputrian,
Tabliq Akbar,
Pesantren Kilat,
kuesioner / angket dan hasil kepuasan pelanggan,
serta dokumen kegiatan)
75%
80% 85% 90% 100%
Menerapkan penguasaan IPTEK dalam pemebelajaran Mewujudkan sumber daya manusia yang Menguasai berbagai platform teknologi pembelajaran Pembelajaran dengan menggunakan LMS atau sejenisnya. Contoh Google Class Room
Pengadaan projector dan acces point untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi
Meningkatnya prosentase guru yang menggunakan LMS setiap tahunnya
Meningkatnya jumlah ruang teori/ruang praktik yang terpasang projector dan acces point 20%
60% 40%
70% 60%
80% 80%
90% 100%
100%
Ditetapkan : di Bandung
Bulan : Januari 2024
Kepala,
SMK Negeri 9 Bandung
Hj. Yani Heryani, M.M.Pd.
NIP 196602281997022002