Visi dan Misi SMKN 9 Bandung

VISI dan MISI
VISI :
Terwujudnya sumber daya manusia “SMART” (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh) dalam menghadapi tantangan global

MISI :
1. Menumbuhkan dan menguatkan Pendidikan karakter
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan industri
3. Mengembangkan jiwa wirausaha dan kemandirian dalam Masyarakat
4. Menguatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
5. Menerapkan penguasaan IPTEK dalam pemebelajaran

TUJUAN :
1. Mewujudkan sumber daya manusia yang SMART (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh)
2. Mewujudkan sumber daya manusia yang Kompeten dibidangnya
3. Mewujudkan sumber daya manusia dalam Meningkatkan kegiatan kewirausahaan
4. Mewujudkan sumber daya manusia yang Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan
5. Mewujudkan sumber daya manusia yang Memanfaatkan berbagai platform teknologi pembelajaran

CORE VALUE :
SMART ( (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh)

INDIKATOR KETERCAPAIAN VISI DAN MISI
SEKOLAH MENENGAH NEGERI 9 BANDUNG 2024-2028

VISI :Terwujudnya sumber daya manusia “SMART” (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh) dalam menghadapi tantangan global
NO MISI TUJUAN KEGIATAN INDIKATOR KETERCAPAIAN TAHUN
2024 2025 2026 2027 2028
Menumbuhkan dan menguatkan Pendidikan karakter Mewujudkan sumber daya manusia yang SMART (Someah, Motekar, Aktif, Religius, Tangguh)  Pembiasaan mengaji/membaca A-Qur’an dan Asmaul Husna bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap awal pembelajaran

 Melaksanakan kegiatan PANJI (salapan mengaji) bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap bulan dan Tabliq Akbar menjelang bulan Ramadhan

 Melaksanakan sholat berjamaah setiap hari dan hari jumat serta keputrian bagi siswa muslim dan renungan kerohanian bagi siswa non siswa

 Melaksanakan Kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan  Terwujudnya siswa yang berakhlak, berkarakter dan berbudi pekerti luhur (berupa adanya daftar hadir ) :
 kegiatan PANJI,
 keputrian,
 Tabliq Akbar,
 Pesantren Kilat,
 kuesioner / angket dan hasil kepuasan pelanggan,
 serta dokumen kegiatan)
75%

80% 85% 90% 100%

 Pembiasaan positif melalui pelaksanaan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun)  Terwujudnya budaya 5 S, sehingga tercipta toleransi dan sekolah anti perundungan berupa :
 kuesioner / angket kepuasan pelanggan,
 bukti dokumen pembiasaan 5 S, dan
 hasil kepuasaan pelanggan 75% 80% 85% 90% 100%

 Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa seperti : Project Based Learning, Problem Based Learning, Inkuiri, dan Discovery Learning

 Kolaborasi lintas mata pelajaran dan kompetensi keahlian

 Pengembangan kreatifitas siswa melalui berbagai perlombaan seperti : LKS tingkat nasional, O2SN, lomba-lomba di dalam dan di luar sekolah

 Pembiasaan menciptakan lingkungan bersih melalui kegiatan piket kelas, dan jumat bersih (jumsih) dan pemilahan sampah  Meningkatnya kreatifitas dan prestasi siswa baik akademik di dalam dan di luar sekolah dibuktikan
dengan :
 kualitas hasil evaluasi pembelajaran meningkat

 Adanya dokumen kolaborasi mata Pelajaran/P5

 Adanya piala / piagam penghargaan / medali/sertifikat, siswa berprestasi

 Dokumen kegiatan, lingkungan sekolah yang bersih,
 Adanya tempat, pemilahan sampah sesuai jenisnya, serta pengolahan sampah organik di lingkungan sekolah
75% 80% 85% 90% 100%

 Melaksanakan aktualisasi kepramukaan

 Pengembangan diri siswa melalui kegiatan ektrakurikuler  Terwujudnya siswa yang aktif, pro aktif dan komunikatif dengan adanya bukti daftar hadir dan nilai keikutsertaan siswa dalam pengembangan diri melalui kegiatan OSIS, Kepramukaan, ekstrakurikuler dan dokumen kegiatan lainya 75% 80% 85% 90% 100%

 Melaksanakan LDKS (Latihan dasar kepemimpinan siswa)

 Pelaksanaan senam kesegaran jasmani setiap hari jumat

 Pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional  Terwujudnya pribadi siswa yang Tangguh, gigih / ulet dan optimis dengan berupa dokumen :
 keikutsertaan dalam kegiatan LDKS,
 Upacara,
 Senam,
 foto-foto pendukung kegiatan, siswa sehat secara fisik/ jasmani dan rohani 75% 80% 85% 90% 100%

Meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan industry Mewujudkan sumber daya manusia yang Kompeten dibidangnya

Meningkatkan kegiatan kewirausahaan Mewujudkan sumber daya manusia yang Memiliki jiwa wirausaha dan kemandirian dalam Masyarakat  Melakukan tahapan penyelengaraan tefa (identifikasi produk, analisis cakupan kompetensi, perencanaan produksi, analisis sumber daya)

 Proses produksi tefa berlangsung sesuai perencanaan disetiap program keahlian

 Melakukan kolaborasi mata pelajaran PKK dengan Konsentrasi keahlian: reseller produk
 Melakukan benchmarking sesuai dengan jenis usaha/produk/jasa
 Melakukan mentor pada siswa SPW yang dilakukan secara kontinue dan terjadwal

 Gelar karya hasil inovasi produk/jasa (pameran/ jualan)

 Kolaborasi produk / jasa dengan pihak industri

 Pengembangan pemasaran dengan pemanfaatan digital promosi/market place  Adanya dokumen perencanaan pembelajaran berbasis Teaching factory

 Adanya dokumen pelaksanaan tefa disetiap jurusan di adm BLUD

 Jumlah siswa SPW semakin meningkat dan terbimbing

 Meningkatnya jumlah produk/ jasa inovasi yang benilai jual, hasil eksplorasi cipta karya siswa

 Adanya Produk tefa hasil kolaborasi dengan industri untuk semua program keahlian

 Produk tefa dapat diterima oleh masyarakat luas

20%

20%

20%

20%

20%

20% 40%

40%

40%

40%

40%

40%
60%

60%

60%

60%

60%

60% 80%

80%

80%

80%

80%

80% 100%

100%

100%

100%

100%

100%
Menguatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Mewujudkan sumber daya manusia yang Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan
 Pembiasaan mengaji/membaca A-Qur’an dan Asmaul Husna bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap awal pembelajaran

 Melaksanakan kegiatan PANJI (salapan mengaji) bagi siswa muslim dan membaca kitab suci / renungan kerohanian bagi siswa non muslim setiap bulan dan Tabliq Akbar menjelang bulan Ramadhan

 Melaksanakan sholat berjamaah setiap hari dan hari jumat serta keputrian bagi siswa muslim dan renungan kerohanian bagi siswa non siswa

 Melaksanakan Kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan  Terwujudnya siswa yang berakhlak, berkarakter dan berbudi pekerti luhur (berupa adanya daftar hadir ) :
 kegiatan PANJI,
 keputrian,
 Tabliq Akbar,
 Pesantren Kilat,
 kuesioner / angket dan hasil kepuasan pelanggan,
 serta dokumen kegiatan)
75%

80% 85% 90% 100%

Menerapkan penguasaan IPTEK dalam pemebelajaran Mewujudkan sumber daya manusia yang Menguasai berbagai platform teknologi pembelajaran  Pembelajaran dengan menggunakan LMS atau sejenisnya. Contoh Google Class Room

 Pengadaan projector dan acces point untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi
 Meningkatnya prosentase guru yang menggunakan LMS setiap tahunnya

 Meningkatnya jumlah ruang teori/ruang praktik yang terpasang projector dan acces point 20%

60% 40%

70% 60%

80% 80%

90% 100%

100%

Ditetapkan : di Bandung
Bulan : Januari 2024

Kepala,
SMK Negeri 9 Bandung

Hj. Yani Heryani, M.M.Pd.
NIP 196602281997022002