9 Tips untuk menjadi Fashion Designer yang Handal

Banyak orang mengira bahwa merancang busana adalah Karir yang mudah dan siapa pun menjadi perancang busana. 

Namun pada kenyataannya, kamu perlu mengasah keterampilan kamu secara teratur agar relevan di industri ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk melatih skill kamu, mengembangkannya, dan memolesnya. 

Fashion Designer yang sukses memiliki beragam keterampilan, termasuk menggambar, memperhatikan warna dan tekstur, kemampuan untuk memvisualisasikan konsep dalam tiga dimensi, dan keterampilan mekanik yang terlibat dalam menjahit dan memotong semua jenis kain.

Selain itu, ini adalah beberapa keterampilan yang anda butuhkan untuk unggul di dunia mode seperti dibawah ini :

1. Jadilah Kreatif, Artistik, dan Realistis

Kreativitas, artistik, dan imajinasi dapat memberi anda naluri yang diperlukan untuk mengubah baham menta menjadi produk jadi yang Indah.

Dan pada saat yang sama, bersikaplah realistis. Itu berarti menyadari bahwa Tidak ada berani mencoba menjual banyak pakaian tipis di daerah tropis.

Ingat juga bahwa musim mempengaruhi perancang busana dan mungkin berdampak pada jenis pakaian yang kamu produksi dan dimana kamu ingin menjualnnya. Pertimbangkan juga kekuatan penjualan online.

2. Belajar Menggambar

Keterampilan menggambar yang kuat adalah satu keharusan dalam dunia mode, karena desainer harus dapat menggambil konsep dan menuangkkannya di atas kertas.

Jika kamu memiliki kekurangan skill dalam bidang ini, kamu dapat mengambil kertas untuk berlatih menggambar gaun pesta, pakaian formal, clean, atau pakaian apapun yang kamu banyangkan dan akan kamu rancang sendiri.

3. Detailing

Seringkali detail yang membuat satu produk unik, jadi keterampilan ini Tidak dapat diabaikan, Bahkan lika kamu hebat dalam memvisualisasikan dan menggambar.

4. Pahami Tekstur, Warna dan Kain

Desain membutuhkan tektur, warna, dan kain yang baik. Misalnya, kamu perlu mengetahui apakah pakaian paling cocok dengan sutra sifon atau bahan lain.

Kamu juga perlu mengetahui kombinasi warna mana yang paling bogus untuk pakaian. Perbedaan inilah yang membuat desain menonjol. Gaun desainer adalah hasil pemikiran dari sudut yang berbeda. 

Pahami Bagaimana kain bergerak, menggantung, cara merawatnya dan reaksi saat dikenakan, dll. Pengetahuan mendalam kamu tentang kain sangat penting untuk menggunakannya dengan benar saat mendesin. Ketahui juga dari mana asal bahan.

5. Mempratikkan Visualisasi

Sebelum tahap menggambar, seorang desainer yang baik harus memiliki kemampuan visualisasi yang kuat.

Ini memungkinnnya menerjemahkan ide ke atas kertas, sehingga rekan-rekannya mengetahui tampilan yang dia tuju saat mereka mengerjakan produk jadi. Pelajari cara membuat story board dan rangkaian produk.

Jadilah ahi dalam meneliti tren melalui media, penelitian komparatif dan pameran dagang. 

6. Kembangkan keterampilan komunikasi & Interpersonal

Mendesain alas kaki, pakaian, dan aksesoris membutuhkan kolaborasi dengan rekan kerja dan membutuhkan keterampilan orang yang kuat. Ini tidak hanya membantu desainer mendorong Tim mereka, tetapi juga memungkinkan mereka untuk secara efektif membagikan visi mereka dengan rekan kerja.

7. Kembangkan Pengetahuan Bisnis

Pemahaman tenting dunia Bisnis, termasuk keuangan, penjualan dan pemasaran sangat penting untuk menjadi sukses di dunia mode. Kreativias adalah inti dari fashion, tetapi tanta pemahaman yang baik tentang bisnis, sulit untuk mempertahankan merek fashion dan membuatnya menguntungkan. 

Banyak perancang busana berbakat akhirnya bangkrut karena mereka memiliki pemahaman yang buruk tentang sisi keuangan. Terus perbarui diri kamu tentang fenomena industri mode dengan membaca jurnal perdagangan secara teratur.

8. Ciptakan pola pikir kompetitif

Untuk menciptakan design yang inovatif, diperlukan pola fikir yang kompetitif. 

Kamu Tidak oleh ketinggalan kompetisi atau mengikuti jejak mereka. Kamu harus menjadi trendsetter dan memiliki pemahaman menyeluruh tentang ekonomi dan industri fashion akan membuat ide anda tetap segar.

Belajar dari desainer yang ada, latar belakang mereka gaya khas mereka, pembelajaran yang mereka lakukan, dimana mereka belajar. Mengetahui hal ini akan membantu dan mengembangkan ide-ide kamu dan Lebih baik dari mereka.

Selalu ada “celah” yang dapat kamu isi dengan mengidentifikasi pasokan produk yang ada. kenali pesaing kamu. Selalu perhatikan apa yang dilakukan perancang busana lain di bidang minat kamu. Setidaknya, pertahankan.

Lebih baik lagi, lewati mereka sambil tetap memenuhi kebutuhan pelanggan kamu. Pameran dagang atau busana adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan pemahaman yang Lebih baik dalam tentang cara kerja industri mode dan apa yang akan berhasil untuk kamu dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan dan tetap kompetitif.

9. Kemampuan untuk bekerja dalam tim

Rasa kolaborasi dan kerjasama yang kuat antar departement di rumah mode memungkinkan kreativitas berkembang dan berkontribusi pada kesuksesan keseluruhan.

Ada seluruh rantai pasokan yang terlibat dalam industri mode dan kamu perlu memahami apa pekerjaan setiap orang.

Jadi, kamu juga dapat Melihat sesuatu dari sudut pandang mereka, untuk membuat kompromi, memenuhi tuntutan dan memahami dimana hal-hal tertahan.

Teliti apa yang dilakukan orang lain, seperti pembeli, merchandiser, pemotong pola, ahli teknologi garmen dan kain, pengontrol kualitas, grader, teknisi sampel, staf penjualan, humas dan pemasaran, jurnalis mode, pengecer, penyelenggara acara, penata mode, dan sebagainya.

Itulah 9 tips untuk menjadi Fashion Designer yang Handal

Sumber : https://accurate.id/bisnis-ukm/tips-dan-skill-fashion-designer/ 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *