WINNER BEST JAWA BARAT

[vc_row][vc_column][vc_column_text]SMK Negeri 9 Kota Bandung Siap mewakili Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional setelah meraih juara 1 pada perlombaan Cooking LKS tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Prestasi tersebut diraih oleh siswanya, Muhammad Raihan Putra Djunaedi yang mengikuti LKS tingkat provinsi di Cirebon pada tanggal 17-18 Oktober.

“Raihan Insyaallah akan menjadi perwakilan Jawa Barat untuk dikirim ke LKS tingkat nasional di Bangka Belitung tahun depan,” ungkap Pembimbing LKS Jurusan Jasa Boga SMKN 9 Bandung, Susi saat dihubungi AyoBandung, Jumat (20/10/2017).

Raihan, kata Susi, sebelumnya mengikuti sejumlah seleksi di tingkat kota sebelum tembus mewakili sekolahnya di tingkat provinsi. Menurutnya, di tingkat provinsi Raihan mampu menyingkirkan para pesaingnya perwakilan dari 19 daerah kota/kabupaten di Jabar.

Dalam teknis perlombaan, tutur Susi, sejumlah kriteria masakan yang telah ditentukan panitia, mulai dari menu masakan khas Indonesia dan menu kontinental dengan masakan appetizers sampai dengan hingga dessert mampu dilalui Raihan dengan baik.

“Lomba yang diikuti dalam waktu dua hari itu akhirnya dimenangkan oleh Raihan,” ujarnya.

Sementara itu, Raihan mengungkapkan, dalam lomba dua hari itu, banyak pesaing yang menampilkan kelebihan sajian dan menu yang berbeda. Oleh sebab itu, Raihan mengaku, dirinya senantiasa mempersiapkan diri membuat setiap menu masakan agar terhidang dengan sempurna.

“Kesulitan pasti ada, seperti persaingan antara SMK-SMK lainya, karena selain Bandung juga mereka bagus-bagus,” ungkap Raihan.

Ia pun merasa bersyukur dapat membawa nama sekolahnya semakin baik di tingkat provinsi. Ia berharap agar gelar juara yang diraihnya bisa sampai ke tingkat lebih tinggi.

“Kami bersyukur bisa jadi perwakilan Jabar ke tingkat nasional, tapi mudah-mudahan juga bisa sampai internasional,” ucapnya.

Sebagai informasi, SMKN 9 sendiri setiap tahun mampu menghantarkan hampir semua jurusannya menjadi juara. Bukan hanya sekedar di tingkat regional, bahkan deretan prestasi SMKN 9 pun sampai masuk tingkat internasional.

“Mereka (para siswa) juga mengikuti perlombaan sampai tingkat internasional. Kemarin beberapa juara bisa didapet, salah satunya nyumbangin dari Kanada, kemudian Inggris juga dapet, kalau di Asia kaya di Malaysia dan dari Brunei,” sambung Susi. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Bandung, meraih juara pertama pada Lomba Ke¬terampilan Siswa (LKS) Cooking di SMKN 2 Kota Cirebon 16- 19 Oktober 2017.

Menurut Ibu siti susilawati K.S, S.Pd selaku guru pembimbing, berbagai upaya yang dilaku-kan selama ini ti¬dak sia-sia, mulai dari pene-rapan teori hingga praktik lang¬sung, khusus-nya tentang materi yang akan diperlombakan.
“Kami memberikan pembinaan dan pelatihan serta me¬ngasah bakat yang memang telah dimiliki siswa tersebut,” ujarnya.

Selamat untuk M.Raihan Putra Junaedi dengan meraih juara pertama LKs tingkat Provinsi Jawa Barat 2017, semoga untuk Lks tingkat nasional bisa meraih juara pertama dan membawa nama baik SMK NEGERI 9 Bandung.[/vc_column_text][vc_gallery interval=”3″ images=”696,697″][/vc_column][/vc_row]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *